Minggu, 12 Februari 2012

Sejarah berdirinya Facebook

Apabila anda membandingkan Facebook dengan situs-situs web jaringan atau komunitas sosial lainnya, website yang berdiri sejak tanggal 4 Februari 2004 ini memang masih tergolong sangat muda. Tapi tanpa memakan waktu yang lama, Facebook berhasil menjadi salah satu website terpopuler ditunjukan dengan point ranting tertinggi dari daftar indeks Google.

Pada awalnya, website ini dikembangkan khusus dalam komunitas mahasiswa dan pelajar di Harvard. Kemudian berlanjut ke pengguna yang berasal dari perguruan tinggi atau universitas lainnya di luar Harvard, seperti Universitas Stanford, Columbia dan Yale. Baru setelah bulan Desember 2006, Facebook akhirnya dibuka untuk pengguna internet secara umum dengan syarat utama harus berusia diatas 13 tahun dan wajib memiliki akun email.

Dimulai dari pertemanan 4 orang mahasiswa Harvard University yaitu Mark Zuckerberg, Chris Hughes, Dustin Moskovitz dan Eduardo Saverin, mereka mendirikan Facebook yang pada awalnya bernama “ The Facebook.com” merupakan direktori online yang ditunjukan bagi seluruh mahasiswa dan civitas akademika di universitas tersebut.

Namun seiring perkembangannya, Mark Zuckerberg dan Dustin Mokovitz akhirnya memindahkan kantor pusat Facebook ke Palo Alto, California untuk bergabung dengan Sean Parker (pendiri Napster) pada bulan Juni 2004. Di apartemen Sean Parker tersebut, mereka mengembangkan TheFacebook.com dengan dibantu 8 orang karyawan. Perubahan nama dari TheFacebook.com menjadi Facebook terjadi pada bulan Agustus 2005.

Prestasi luar biasa yang berhasil dicapai oleh Facebook sejak dibuka untuk umum pada bulan Desember 2006 hingga April 2007 adalah jumlah member aktif yang tercatat mencapai 20 juta orang. Dan pada bulan November 2008 perusahaan yang telah mempekerjakan sedikitnya 700 karyawan ini diklaim memperoleh penghasilan ±300 juta dolar Amerika.

Berdasarkan data statistik Facebook hingga Februari 2009, jumlah member aktif tercatat hingga 175 juta. Sekarang, susunan kepemimpinan Facebook telah banyak berubah sejak pengunduran diri Dustin Moskovitz pada tanggal 3 oktober 2008 dengan alasan membangun perusahaan baru dengan rekannya yang lain. Sebagai tambahan informasi, berikut susunan kepemimpinan dan kantor pusat serta cabang Facebook yang tersebar di seluruh dunia.

Pendiri dan CEO: Mark Zuckerberg
CEO: Sherly Sanberg
Direktur Bagian Produk : Christopher Cox
Direktur Bagian HRD : Lori Goler
Wakil Direktur : Jonathan Heiliger, Chamath Palihapitiya, Mike Murphy, Dan Rose, Elliot Schrage, Mike Schroepfer, Ted Ullyot, dan Gideon yu.
Kantor Pusat : Palo Alto (California)
Kantor Cabang : New York (Atlanta, Chicago, Dallas, Detroit), dan California (Venice Beach)
Kantor Internasional : Irlandia (Dublin), London dan Paris

Itulah sekilas tentang sejarah dan keberhasilan Facebook yang diraih dalam waktu yang relatif singkat. Kini anda pun telah menjadi salah satu bagian dari lintasan sejarah tersebut dengan menjadi salah satu anggota Facebook.

Tidak ada komentar:

Ngadem

Ngadem
Refreshing di Kebun Raya Bogor

Arsip Blog