Minggu, 13 November 2011

Cara Menambah Sidebar Pada Blog WordPress

Menambah Sidebar Pada Blog WordPress. Belajar php tu memang susah-susah gampang. Bikin pusing tu pasti, kadang mual sampe muntah-muntah…haha..tapi bagi yang telaten, tekun mendalami, belajar dan bermain script dan coding-coding setiap hari menjadi mengasyikan. Modif sana modif sini, try error dan titik kepuasannya setelah coding-coding modifanya berjalan sesuai rencana. Lega rasanya..Sama seperti saya. Ketika kode yang mau kita pasang ga berhasil, penasaran pun timbul. browsing sana browsing sini, pokoknya harus ketemu. ga ketemu sekarang, besok dilanjut. Seperti itu juga mungkin yang lagi baca ini..hehe.

Kode Untuk Menambah Sidebar

Wah..jadi panjang lebar gini ceritanya…haha…intermezo aja.

baik, kita masuk ke pembahasan. Kali ini saya ingin berbagi trik cara menambah sidebar pada blog wordpress.
Langkah pertama adalah mendaftarkan sidebar yang akan kita buat di file functions.php. Masukkan script ini di dalam file function.php. script di bawah ini berfungsi memunculkan pilihan sidebar pada saat anda ingin memasang widget.

[php][/php]

Angka (2) di atas menandakan bahwa sidebar terdapat 2 buah. Untuk menambahnya tuliskan (3) atau terserah mau diisi berapa. Lalu klik “update file”. Setelah itu sekarang kita membuat file phpnya. Buat lewat cpanel pada direktori /public_html/wp-content/themes/namatheme dengan klik new file. Beri nama filenya dengan extensi .php, misal sidebar_anyar.php. Kemudia isi file tersebut dengan kode berikut:

[php]





[/php]

Sesuaikan angka (3) dengan jumlah sidebar yang akan anda buat. Save pekerjaan.
Nah setelah itu kita tinggal mengedit file-file template seperti index.php, single.php, page.php atau file mana saja yang akan kita munculkan sidebar tersebut. Tambahkan kode ini untuk memanggil file sidebar baru.

[php][/php]

Kadang ada template yang berbeda isi file function.phpnya. Misalnya seperti ini:

[php] ‘Sidebar-1′,
‘before_widget’ => ",
‘after_widget’ => ",
‘before_title’ => ‘

’,
‘after_title’ => ‘

’,
));
?>[/php]

Jika seperti ini biasanya themes tersebut hanya memiliki satu file sidebar.php yang berisikan beberapa sidebar. Sebetulnya kita bisa merubah file functions.php menjadi seperti cara sebelumnya tetapi lebih repot karena harus membagi file sidebar mejadi terpisah-pisah. Sebaiknya kita edit saja file functions.php tersebut. Copypaste kode sidebar yang ada dibagian bawahnya menjadi seperti ini :

[php] ‘Sidebar-1′,
‘before_widget’ => ",
‘after_widget’ => ",
‘before_title’ => ‘

’,
‘after_title’ => ‘

’,
));
if ( function_exists(‘register_sidebar’) )
register_sidebar(array(
‘name’ => ‘Sidebar-2′,
‘before_widget’ => ",
‘after_widget’ => ",
‘before_title’ => ‘

’,
‘after_title’ => ‘

’,
));
?>[/php]

Jangan lupa untuk mengganti nama sidebarnya (yang warna merah), klik update file atau save. Nah sekarang kita buka file sidebar.php. Jika sebelumnya kita sudah memasang widget pada sidebar lama maka akan banyak terdapat kode-kode widget. Tapi kurang lebih isi kode utamanya adalah seperti ini :

[php]








[/php]

Tinggal copypaste kode tersebut dibawah sidebar lama dan rubah nama sidebarnya, menjadi seperti ini :

[php]



[/php]

Nb: replace tanda petik satu (‘) dan petik dua (“) pada kode di atas

Update file atau save, selesai. untuk mengatur lebar dan efek sidebar edit pada file style.css. Jangan lupa tambahkan kode-kode sidebar baru kita di sana, cara mudahnya copy paste aja kode-kode sidebar lama dan ganti namanya. Nah sekarang tinggal menambah kan widget di sidebar melalui menu Appearance – widget.

Tidak ada komentar:

Ngadem

Ngadem
Refreshing di Kebun Raya Bogor

Arsip Blog