Minggu, 13 November 2011

Cara Menambah RAM dengan Flashdisk

Tips yang akan saya jabarkan kali ini adalah trikmenambah RAM dengan flashdisk. Mungkin untuk para yang dah expert bidang komputer dah banyak yang tau ya…khusus yang nubie-nubie aja ni postingan…hehe
Tapi jujur saja, saya belum pernah mempraktekannya…Loh kenapa disharing? Begini..menurut forum-forum yang pernah saya baca, mereka yang sudah pernah praktekin trik ini rata-rata berhasil. Terus juga kebanyakan testimonialnya bagus-bagus. Jadi ya saya anggaptrik RAM dari Flashdisk ini emang bisa. Gimana? Mau coba? Gada salahnya kok….Nanti kalo ada yang tanya, baru saya tes sendiri. Hehe…

Cara Pertama Flashdisk jadi RAM

Oke kita langsung aja ke langkahnya. Ada dua cara untuk menambah RAM dengan Flashdisk. Cara menambah ram dengan flash disk yang pertama adalah dengan menggunakan sofware. Nama sofware itu adaah eBoostr. Dengan menggunakan eboostr prosesnya cachenya akan berjalan otomatis. Sebagai catatan penting yang perlu diperhatikan bahwa jika flash disk digunakan sebagai penambah ram maka flash disk tersebut tidak bisa digunakan lagi untuk menyimpan data. Masih berani? Jika anda ingin mencoba dengan sofware tersebut anda bisa googling atau bisa download langsung dari sini.

Download eBoostr

Cara Kedua Flashdisk jadi RAM

Untuk cara yang kedua yaitu dengan cara merubah virtual memori yang ada pada properties My Computer. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pasangkan flashdisk ke komputer
  • Klik kanan pada My Computer lalu pilih Properties
  • Klik tab Advanced, lalu klik tombol Settings pada kotak Performance
  • Pada jendela yang muncul, klik tab Advanced lalu klik tombol Change pada kotakVirtual memory
  • Pilih drive C, kemudian pilih No paging file. Jika sudah lanjutkan dengan mengklik tombol Set
  • Pilih drive ‘flashdisk‘ anda (misalkan drive F), biasanya diberi nama Removable diskjika anda belum memberi nama pada flashdisk tersebut. Setelah itu pilih System managed size dan dilanjutkan dengan mengklik tombol Set
  • Perhatikan pada kotak Total paging file size for All drives. Nilai Recommended nya jangan melebihi kapasitas flashdisk
  • Jika memang lebih maka anda bisa memasukkan ‘nilai total’ dari kapasitas flashdisk. Caranya klik pilihan Custom Size lalu pada Initial Size dan
  • Maximum Size diisi dengan nilai total dari kapasitas flashdisk. Anda harus menyisakan 5 – 6 Mb. Ini merupakan persyaratan dari Windows XP itu sendiri. Jika sudah, klik tombol Set
  • Klik OK lalu Restart komputer

Nb: Berjalan di windows XP

Nah sekarang flashdisk anda sudah menjadi RAM. Susah-susah gampang ya…hehe..tinggal kalian mau pilih cara pertama atau yang kedua. Kalau berhasil, boleh dong kasih testinya di kolom komentar bawah ini…Selamat mencoba n semoga berhasil membuat flashdisk jadi RAM.

Tidak ada komentar:

Ngadem

Ngadem
Refreshing di Kebun Raya Bogor

Arsip Blog