Sabtu, 07 Mei 2011

Makanan dan Olah Raga untuk Ibu Hamil

Pola makan yang benar dapat membantu meningkatkan kesehatan ibu hamil dan janin. Aktif berolahraga (senam kehamilan, jalan pagi atau sore) selama kehamilan akan membantu seorang wanita hamil merasa lebih mudah melalui masa-masa 9 bulan kehamilannya dan akan membantu melancarkan saat proses persalinan. Contoh beberapa makanan yang sangat bagus dikonsumsi selama masa kehamilan

Ikan Salmon dan Minyak Ikan

Ikan salmon dan minyak ikan sangat kaya akan Omega-3 yang sangat dibutuhkan oleh pertumbuhan otak,mata dan perkembangan penglihatan pada janin, khusunya saat trisemester terakhir masa kehamilan.

Daging Ayam

Daging ayam ato kalkun mengandung banyak protein namun rendah lemak. Protein sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang pada janin dan lemak yang rendah utk menjaga berat tubuh wnita hamil

Yoghurt

Mengandung banyak Kalsium yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang pada janin.

Roti Gandum Utuh

Kaya akan serat yang membantu kesehatan wanita hamil, Zinc membantu pembentukan sel-sel baru dan sistem kekebalan tubuh, dan vitamin B.

Daging Merah

Daging sapi atau kambing sangat diperlukan untuk membentuk sel darah merah pada janin dan mencegah anemia atau kekurangan darah wanita hamil.

Selain Makanan, aktivitas olahraga juga dapat membantu wanita hamil menjaga kebugaran tubuh dan mengurangi rasa sakit di masa kehamilannya. Beberapa contoh olahraga yg dianjurkan selama masa kehamilannya.

Jalan Santai

Salah satu olahraga kardiovaskuler yang dianjurkan untuk wanita hamil. Jalan santai membantu menjaga kebugaran tubuh tanpa harus memperoleh rasa sakit pada lutut dan pergelangan kaki, ini juga sangat mudah dilakukan hampir dimana saja serta aman pada masa-masa kehamilan.

Renang

Konsultan Kesehatan dan ahli kebugaran percaya bahwa berenang sebagai olahraga yangterbaik dan paling aman untuk wanita hamil. Berenang sangat ideal karena melibatkan otot-otot besar pada tangan dan kaki, memberikan sensasi yang lebih ringan walau bertambahnya berat tubuh karena kehamilan.

Stretching

Stretching atau perenggangan sangat bagus dilakukan untuk melemaskan otot-otot pada tubuh, relaksasi dan mencegah ketegangan otot yang mengakibatkan rasa sakit, pegal, dan nyeri otot

Wanita hamil yang meluangkan waktunya untuk berolahraga selama masa kehamilannya biasanya lebih baik, nyaman dan enjoy selama menjalani masa kehamilan, serta mempunyai stamina yang lebih dan lebih cepat dalam proses penyembuhan sehabis persalinan.

Tidak ada komentar:

Ngadem

Ngadem
Refreshing di Kebun Raya Bogor

Arsip Blog